Atasi Kebotakan Sekarang Juga

Dahulu Anda mungkin pernah memperolok ayah Anda karena kepalanya botak. Bayangkan ia sedang duduk di kursi santainya sambil membaca koran, sementara Anda berdiri tepat di belakangnya. Lalu Anda pun iseng menggambari kulit kepalanya yang licin dengan krayon atau menepuk-nepuknya seolah-olah sebuah bongo.

Namun pada suatu hari, suasana hatinya mungkin sedang tidak enak. Maka ia berbalik dan menatap Anda dengan tajam sambil berkata , “Nanti kamu baru rasa kalau ini tidak lucu!”

Yang dikatakannya itu akan mulai menemukan kebenaran saat Anda beranjak dewasa. Anda mungkin saja belum botak sekarang, tapi rambut Anda mulai rontok. Anda akan semakin tampak tua dengan rambut yang mulai menipis. Dan tampak tua menjadikan Anda merasa tua. Berapa lama lagi sebelum ada anak yang mulai memperolok kebotakan Anda?

Kerontokan memang sesuatu yang tak terhidarkan buat seorang pria, tetapi selalu ada cara terbaik untuk mengatasinya. Ubahlah fokus pikiran Anda yang kerap mengkhawatirkan penipisan rambut dengan mengambil langkah tepat merevitalisasi mahkota kepala yang dimiliki sekarang.

Rambut terbentuk dari protein yang disebut keratin dan tambuh dalam folikel dalam kulit.  Akar rambut, satu-satunya bagian yang hidup pada rambut, tumbuh dan mendorong tangkai rambut untuk keluar dari kulit sehingga munculah helai rambut baru. Pria kehilangan 30 hingga 100 helai rambut kepala sehari dalam proses pelepasan alami.

Kehilangan rambut dalam jumlah tersebut masih dalam batas normal karena pria memiliki sekurangnya 100 ribu rambut yang menutupi  kulit kepala. Kerontokan akan menjadi masalah serius ketika Anda kehilangan 200 rambut sehari selama berbulan-bulan.

Sejumlah faktor dapat menyebabkan rontoknya rambut seperti stres, penyakit atai infeksi pada kulit kepala. Namun sejauh ini, kasus yang paling banyak ditemukan adalah kebotakan terpola pada pria yang dipengaruhi faktor genetika. Jika ayah Anda botak, Anda punya kecenderungan yang kuat untuk mengalami hal sama.

Hormon testosteron merupakan akar permasalahan pada kasus kebotakan terpola yang dipengaruhi gen. Pada pria yang secara genetika memiliki kecenderungan botak, reseptor kimia dalam folikel rambut mengubah  testosteron menjadi dihydrotestosteron.  Hormon inilah yang menyebabkan folikel menghasilkan rambut yang tipis dan halus, tidak tebal atau cukup panjang untuk menutupi kulit kepala.

Jika kerontokan sudah kadung menyerang Anda, ada beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan. Transplantasi atau pencangkokan rambut, hair lift, sculp reduction, hair weave adalah beberapa pilihan yang harus ditebus dengan biaya tidak sedikit. Penggunaan rambut palsu pun bisa jadi pilihan, namun biasanya tak banyak diminati pria muda. Alternatif lain adalah perawatan dengan obat-obatan dan pilihan ini lebih banyak diambil karena biaya yang relatif murah dan mudah.

Menggunakan obat jenis monoksidil (rogaine) pernah populer di kalangan pria Amerika Serikat pada 1988 dan pernah dipuji sebagai pemberantas kebotakan sejati pertama di dunia. Namun obat ini hanya efektif pada pria dibawah usia 30 tahun yang mengalami kerontokan kurang dari lima tahun.

Calon yang berpeluang sukses menggunakan obat ini adalah mereka yang memiliki bidang kebotakan dengan diameter lima sentimeter atau kurang.  Monoksidil tak mampu mengembalikan garis rambut, walau pada beberapa kasus obat ini memperlambat penipisan lebih lanjut. Bahkan di antara para calon sukses terbaik, hanya sepertiga akan mengalami hasil optimal. Empat puluh persen lainnya boleh berharap mendapat penebalan rambut tetapi masih akan mempunyai bidang yang kurang ditumbuhi rambut.

Merawat rambut
Untuk mereka yang tidak atau belum mengalami kebotakan parah, ada beberapa tips merawat rambut supaya tetap terjaga ketebalannya dan sehat. Sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan dengan rambut Anda, ketimbang hanya merawatnya.

– Pilih penata rambut yang tepat
Memilih penata rambut atau hair stylist yang pas penting artinya karena dengan begitu Anda akan mendapatkan yang terbaik untuk rambut  Anda. Potongan rambut yang pas akan memudahkan Anda merawat rambut, selain Anda pun tampil lebih menarik. Datanglah ke barbershop setiap empat atau enam minggu sekali demi menjaga gaya rambut dan terhindar dari kekeringan.  Hair stylist Anda akan memberikan nasehat soal produk perawatan rambut dan potongan rambut yang pas buat Anda.

– Jaga kebersihannya
Kulit kepala pria biasanya lebih berminyak ketimbang wanita. Oleh sebab itu rajinlah menggunakan shampo setiap hari untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan menghindari ketombe. Pilihlah shampo yang lembut dengan kadar pH yang rendah. Karena shampo yang terlalu keras justru akan membuat kulit kepala kering dan rontok. Mintalah rekomendasi dari  teman atau hair stylist Anda dan cobalah beberapa produk berbeda hingga menemukan yang pas.

– Pria juga perlu conditioner
Siapa bilang  conditioner hanya dibutuhkan wanita. Pria yang sering berjemur di matahari kala di kolam renang atau pantai perlu menggunakan conditioner untuk mencegah kekeringan pada rambut.  Penggunaan yang berlebihan memang menyebabkan rambut menjadi terlalu lembut dan sulit dibentuk. Untuk pria dengan kulit kepala berminyak, gunakan sedikit saja setiap minggu.

-Perlakukan dengan lembut
Hindari perlakuan kasar terhadap rambut seperti menjambak atau memelintir karena akan membuat rambut mudah patah.  Saat mengeringkan rambut , gunakan handuk dengan secara perlahan tanpa menggores kulit kepala.  Jika memakai pengering (dryer), arahkan aliran udara hangat ke bawah dari jarak sekitar enam inci dari kepala Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s